Trik Rahasia Cara Beternak Kelinci Agar Hasilkan Anak Banyak Dan Menguntungkan

shares |

Trik Beternak Kelinci Hasilkan Anak Banyak - Kelinci adalah salah satu hewan yang menjadi hewan yang diternakkan di Indonesia. Keberadaan hewan ini selalu dicari, khususnya kelinci pedaging yang selalu dicari pedagang makanan dan kuliner kelinci. Tingginya permintaan dari pasar belum sebanding dengan pasokan kelinci yang berasal dari peternak. Oleh karena itu harga kuliner yang terbuat dari daging kelinci cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kuliner yang berbahan dasar daging ayam karena pasokan daging ayam selalu melimpah setiap harinya.

Trik Rahasia Cara Beternak Kelinci Agar Hasilkan Anak Banyak Dan Menguntungkan

Kelinci sebenarnya sangat mudah untuk diternakkan, ya karena kelinci ini memliki produktivitas yang tinggi. Dalam sekali melahirkan, kelinci bisa menghasilkan 7 – 15 bayi kelinci. Apabila semua anak kelinci tersebut dapat bertahan hidup hingga dewasa, dapat dibayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Hanya saja merawat kelinci tidak semudah yang Anda bayangkan, oleh karena itu banyak yang pesimistis duluan sebelum memulai bisnis yang banyak keuntungan seperti peternakan kelinci seperti ini. Banyaknya anak yang dihasilkan oleh kelinci ini sangat cocok untuk peternakan yang mengembangbiakkan kelinci pedaging. Kelinci pedaging ini semakin tinggi harganya apabila daging yang terdapat di dalam tubuh kelinci semakin banyak dan berat.

Pembeli kelinci pedaging cenderung tidak memperhatikan akan penampilan kelinci secara fisik. Hal ini sangatlah memudahkan peternak dalam memelihara kelinci ternaknya. Peternak hanya perlu memberi kebutuhan makanan serta membersihkan kandang saja, tanpa perlu melakukan grooming layaknya memelihara kelinci hias yang berbulu panjang.

Jika Anda tertatik dengan bisnis peternakan kelinci, Anda haruslah mengetahui bagaimana cara untuk menghasilkan banyak anak dari satu induk kelinci. Banyaknya anak yang dapat dihasilkan oleh satu induk kelinci akan menentukan seberapa besar keuntungan Anda. Pada kesempatan ini kami akan membagikan sedikit tips tentang bagaimana cara atau trik beternak kelinci untuk menghasilkan banyak anak. Selamat membaca.

1. Pilih Indukan yang Berkualitas

Kunci dari suksesnya sebuah peternakan terletak pada kualitas indukannya. Indukan dengan kualitas baik dapat menghasilkan anak yang sehat dan kualitasnya juga baik. Anda bisa mendapatkan indukan kelinci yang baik dari peternakan kelinci yang sudah ada terlebih dahulu. Dalam membeli indukan kelinci sebaiknya dari orang yang sudah Anda kenal dan sudah dekat dengan Anda, hal ini untuk mencegah adanya praktik penipuan. Tak jarang kita jumpai pedagang kelinci yang menjual kelincinya dengan tidak jujur.

Induk yang baik untuk beternak kelinci adalah kelinci yang sudah berusia dewasa. Usia dewasa untuk ukuran kelinci rata – rata adalah ketika usianya mencapai 7 bulan. Usia 7 bulan adalah usia yang ideal untuk kelinci dikawainkan karena kelinci sudah mencapai kematangan pada organ reproduksinya. Jadi kelinci yang sudah mencapai usia 7 bulan ini siap untuk dikawinkan.

Perhatikan juga kesehatan calon indukan yang akan Anda jadikan sebagai cikal bakal peternakan Anda yaitu dengan memilih calon induk kelinci yang sehat. Ciri – cirinya adalah tubuh yang dimiliki oleh kelinci tersebut proporsional, artinya ukuran panjang tubuh kelinci seimbang dengan berat tubuh yang dimilikinya, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Selain ukuran tubuh yang proporsional, ciri fisik dari kelinci yang sehat adalah tidak terdapat cacat atau luka pada tubuhnya.

2. Asal – Usul Induk Betina

Hal kedua yang perlu Anda ketahui tentang trik beternak kelinci untuk menghasilkan banyak anak adalah asal – usul dari induk betina yang akan Anda jadikan sebagai indukan di peternakan Anda. Sebaiknya Anda memilih induk betina yang sudah pernah melahirkan, hal ini untuk mencegah adanya kesalahan dalam memilih induk yang berakibat pada meruginya usaha yang baru saja Anda rintis.

Induk kelinci betina yang baik adalah induk kelinci yang pernah melahirkan dan anak yang dihasilkan pada saat kelinci tersebut jumlahnya banyak. Melihat tujuan awal dari peternakan kelinci yang akan Anda jalankan yaitu peternakan yang menghasilkan banyak anak, maka trik ini sangat wajib Anda jalani untuk bisa mencapai tujuan Anda.

3. Beli Induk Jantan di Tempat Berbeda

Anak – anak kelinci yang dihasilkan dari pasangan induk jantan dan betina yang masih sedarah biasanya memiliki kualitas yang buruk dan juga cenderung mengalami cacat secara fisik. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda beli induk jantan di tempat yang berbeda dengan tempat dimana Anda membeli induk kelinci betina.

Jika Anda membeli induk kelinci betina dan jantan di tempat yang sama, ada kemungkinan bahwa pasangan kelinci ini masih memiliki riwayat keturunan. Untuk mencegah adanya riwayat keturunan antara kelinci jantan dan kelinci betina yang akan Anda jadikan sebagai induk kelinci, sebaiknya beli induk jantan dan induk betina di tempat yang berbeda.

4. Lokasi Kandang

Tahukah Anda bahwa kelinci akan lebih produktif jika diternakkan di lingkungan yang tepat. Tingkat produktivitas kelinci akan meningkat jika dipelihara di tempat yang udaranya sejuk dan juga kebersihan lingkungannya terjaga. Di habitat aslinya, kelinci tinggal di dalam lubang atau di lingkungan hutan yang lebat sehingga lebih sejuk dan tidak panas oleh matahari.

Supaya kelinci Anda bisa menghasilkan anak yang banyak, sebaiknya Anda memelihara atau beternak kelinci di lingkungan yang masih sejuk dan tidak terpapar cahaya matahari secara berlebihan. Lokasi untuk beternak kelinci juga sebaiknya tidak tercemar. Lokasi yang tepat untuk beternak kelinci adalah di daerah pengunungan atau perbukitan yang udaranya lebih sejuk dibandingkan dengan di perkotaan.

5. Pakan yang Tepat

Setelah Anda memilih indukan yang tepat dan sehat untuk memulai peternakan Anda dan telah menyiapkan lokasi untuk memulai usaha peternakan Anda, masih ada satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan sama sekali. Satu hal tersebut adalah masalah pakan. Pakan yang dikonsumsi oleh kelinci akan menentukan nutrisi apa saja yang diserap oleh tubuh kelinci tersebut.

Pakan yang terbaik bagi kelinci ternak adalah rumput yang diselingi dengan pakan tambahan jenis pelet yang zat gizinya lengkap. Kelengkapan zat gizi yang terdapat di dalam pelet ini membantu kelinci betina dan kelinci jantan untuk meningkatkan produktivitasnya. Anda bisa memberikan pelet sebagai makanan tambahan bagi kelinci sebanyak 3 – 5 kali dalam sehari.

Itulah 5 trik mudah untuk bisa menghasilkan anak banyak dari induk kelinci di peternakan. Tulisan ini kami persembahkan untuk Anda yang akan memulai usaha peternakan kelinci serta pembaca pada umumnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment