Harga Kelinci Pedaging Saat ini dan Cara Budidaya Ternak Yang Benar

shares |

Harga Kelinci Pedaging Saat Ini - Kelinci merupakan jenis hewan yang sekarang ini mulai populer untuk diternakkan. Kelinci terdiri dari dua jenis, yang pertama adalah kelinci pedaging yaitu kelinci yang dipelihara atau diternakkan dengan tujuan untuk diambil dagingnya lalu dijadikan sebagai bahan pangan. Kelinci ini banyak diburu oleh para pengusaha kuliner khususya kuliner yang berbahan dasar daging kelinci. Olahan yang cukup populer adalah kuliner sate kelinci yang banyak kita temui di daerah dataran tinggi.

Harga Kelinci Pedaging Saat ini dan Cara Budidaya Ternak Yang Benar

Jenis kelinci yang kedua adalah kelinci hias, kelinci ini memiliki perbedaan yang mendasar dengan kelinci pedaging. Kelinci hias dipelihara untuk memenuhi hasrat para pehobi kelinci yang menggemari keindahan fisik dari kelinci hias. Biasanya kelinci hias memiliki bulu panjang yang indah. Perawatan kelinci hias juga berbeda dengan kelinci pedaging, kelinci hias harus sering dibersihkan dan disisir bulunya supaya tidak kusut. Sedangkan kelinci pegading hanya membutuhkan perawatan strandar seperti pemberian pakan dan pembersihan kandang.

Harga Kelinci Pedaging Saat ini

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang kelinci pedaging yang sekarang mulai populer di Indonesia. Beberapa tahun terakhir, kuliner yang berbahan dasar daging kelinci mulai naik daun dan banyak penggemarnya. Sayang sekali naik daunnya kuliner yang berbahan dasar daging kelinci ini tidak diimbangi oleh bertambahnya usaha peternakan kelinci, bertambahpun tidak banyak. Oleh karena itu, harga daging kelinci di pasaran masih tergolong mahal.

Daging kelinci yang sudah bersih dan siap olah dijual dengan harga mencapai Rp 40.000 untuk setiap kilogramnya. Prinsip ekonomi memang berlaku di pasar secara umum, begitu juga dengan pasaran daging kelinci. Semakin tinggi permintaan maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan oleh penjual. Saat daging kelinci belum naik daun seperti sekarang ini, harga kiloan untuk daging kelinci bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Sedangkan untuk induk kelinci pedaging dijual dengan harga rata – rata Rp 70.000 – Rp 250.000 untuk setiap pasangnya. Harga jual sepasang kelinci pedaging akan semakin mahal apabila kualitas yang ditawarkan juga semakin baik. Hal ini sudah barang tentu karena pasar menganut prinsip “Ada harga ada kualitas”. Jadi Anda harus siap dana lebih jika menginginkan sesuatu dengan kualitas yang baik.

Beternak kelinci merupakan salah satu bisnis yang keuntungannya besar dan hasilnya pasti. Kalau rugi pun pasti tidak banyak. Kelinci merupakan mamalia yang sangat produktif. Seekor kelinci betina bisa beranan 6 – 8 kali dalam setahun dan dalam setiap kali beranak dapat menghasilkan 7 – 12 anak sekaligus. Dari satu ekor induk kelinci saja Anda bisa mendapatkan kurang lebih 100 ekor anakan kelinci. Jika anak kelinci tersebut Anda besarkan dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan menuai kesuksesan dalam waktu cepat.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha peternakan kelinci pedaging dengan 5 pasang induk adalah sekitar 1 juta rupiah. Modal ini bisa dibilang sedikit mengingat keuntungan yang nantinya bisa Anda peroleh. Dari 5 pasang kelinci pedaging ini, Anda bisa mendapatkan 100 ekor anak kelinci dalam waktu dua bulan saja. Dan apabila setiap anak kelinci memiliki daging seberat 1,5 kilogram, berapa omzet dan juga keuntungan yang akan Anda dapatkan?

Kunci kesuksesan beternak kelinci adalah adanya keseriusan dan juga ketelatenan dari Anda sebagai peternak. Kelinci merupakan hewan yang rentan sekali mengalami stress apabila lingkungan tempat tinggalnya tidak kondusif. Tempat yang tepat untuk beternak kelinci adalah di daerah pegunungan atau perbukitan, lebih tepatnya di daerah dataran tinggi. Karena udara di dataran tinggi lebih sejuk dibandingkan dengan udara di perkotaan dan juga suasana di dataran tinggi cenderung lebih tenang dibandingkan dengan suasana di perkotaan.

Pemberian pakan yang tepat juga dapat mempercepat pertumbuhan kelinci pedaging. Pakan yang cocok untuk kelinci pedaging adalah pakan konsentrat. Pakan konsentrat merupakan pakan yang terbuat dari campuran berbagai bahan seperti bekatul, bungkil kacang, bungkil kelapa, dan ampas tahu. Semua bahan ini dicampir menjadi satu dan ditambah dengan air hangat. Pakan konsentrat ini sifatnya hanya sebagai makanan tambahan dan bukan makanan pokok. Makanan pokok bagi kelinci tetaplah rumput dan juga sayuran.

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, Anda harus memiliki target pasar terlebih dahulu. Target pasar ini yang akan menentukan kemana larinya produk Anda setelah panen. Target pasar harus ditentukan sebelum Anda terjun ke dalam suatu bisnis, hal ini bertujuan untuk menentukan calon konsumen secara lebih terstruktur. Penentuan target pasar ini juga akan mengurangi kebingungan Anda ketika Anda benar – benar terjun ke dalam sebuah bisnis.

Demikian informasi lengkap tentang harga kelinci pedaging saat ini. Berbisnis kelinci pedaging ternyata sangat menguntungkan jika Anda bisa menjalankan peternakan kelinci pedaging dengan baik. Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment